Belajar Bahasa Inggris Gratis Ala Tarzan

Posted on September 21, 2010

0


Belajar bahasa inggris gratis Ala Tarzan bukan berarti pengalaman saya belajar dengan hewan-hewan atau pemain filem Tarzan ya. Tarzan adalah famili saya sekaligus seorang teman yang sangat menginspirasi saya ketika dulu masih duduk di bangku SMA dalam belajar bahasa inggris ini. Walau jarang kontak, bahkan mungkin Tarzan tak ingat lagi siapa saya, saya tetap berterimakasih yang tak terhingga padanya, dan mendoakan Tarzan untuk semakin sukses. Saya dengar dari family di Jakarta bahwa Tarzan sekarang tetap sangat sukses dalam kariernya di Jakarta.

Cara Tarzan mengajari saya bahasa inggris dulu adalah dengan memfokuskan pada bahasa inggris yang langsung bisa dipraktekkan kapan saja, dimana saja, tanpa batas, mulai dari yang paling dasar, kejar-kejaran terus-menerus. Bahasa inggris yang paling dasar menurutnya bukan berarti mempelajari tata bahasa inggris, bukan juga dengan melihat gambar-gambar, bukan juga mulai dari membaca buku.

Mulai dari dasar maksudnya ketika kita mulai belajar maka yang paling dekat atau yang pertama terpikirkan, perlu kita coba bahasa inggrisnya. Jika belum bisa maka dicampur saja dengan bahasa Indonesia. Mencobanya sedapat mungkin diucapkan, baik dengan teman praktek belajar bahasa inggris atau diucapkan sendiri. Jika tidak memungkinkan untuk mengucapkannya (misalnya agar tak dianggap ngomong sendiri) maka diucapkan di dalam hati saja, atau dengan memikirkannya.

Contoh:
“Saya ingin belajar bahasa inggris”. Nah ini bagaimana bahasa inggrisnya? Kalau sudah bisa, katakan “I want to study english” ucapkan beneran kalau mungkin, atau katakan dalam hati saja. Jika belum bisa secara lengkap mengatakannya dalam satu kalimat, kita ucapkan saja kata-kata yang sudah bisa, misalnya “I ingin belajar bahasa english”, atau mungkin “I ingin study english”. Kalau sudah bisa sedikit saja, jangan pernah lagi katakan “saya ingin belajar bahasa inggris”, katakan seperti yg diatas tadi, lengkap atau campuran.

Kalau belum lengkap, coba cari kamus, nah “coba cari kamus” ini bahasa inggrisnya apa? Oh ya “ini bahasa inggrisnya apa” juga perlu dicari apa bahasa inggrisnya. Mungkin “what in english” (yang benar what is this in english). ulang lagi “try cari kamus”. Lengkapnya: “I ingin study english, try cari kamus, what in english…”

Jadi kejar terus, apapun yang ingin anda ucapkan cobalah bahasa inggris, baik sepotong-sepotong (campuran bahasa indonesia) atau lengkap, jangan perdulikan salah atau benar. Apapun yang ingin anda ucapkan cobalah pakai bahasa inggris = what pun you want say try english, tuh sudah bisa. “tuh sudah bisa” apa bahasa inggrisnya? yes, you can!

Wah ini cara belajar bahasa inggris baru bagi saya, wow this is a new way for me to learn english. Kalau begini, mau tak mau saya harus beli kamus nih. What in english? If like this, must buy kamus. What kamus in english? Oke lah besok saya beli kamus, ok tomorrow i beli kamus. Where beli kamus? I no money. Oh ternyata study english perlu money. I try cari money.

Misal besok sudah punya uang, jadi dong beli kamus. Ceritanya nih sudah punya kamus.

Oh ternyata kamus is dictionary. Beli is buy. Jadi yang kemarin bisa diganti menjadi “ok tomorrow i buy dictionary”. The fact study english needs money. I try look money. Ulang lagi, repeat. Tuh sudah lancar, yes I can! haha..

Ya benar, bahasa inggris di atas sudah bagus sekali, sekaligus juga masih jelek sekali. Tidak mengapa, yang penting terus mencoba tanpa henti, apa yg sudah bisa langsung praktekkan baik dengan kata-kata atau dalam pikiran. Kejar terus. Siapa yang akan menganggap anda gila jika belajar bahasa inggris di dalam otak?

Wow, this is truly the fastest way for me to master english language. I have never heard someone telling me this kind of learning system. Begitu pula dengan menterjemahkan apa yang anda baca. Terjemahkan saja apa yang anda sudah bisa, tak perlu terjemahkan utuh, namun kejar sampai bisa terjemahkan secara utuh, dengan kamus anda, dengan bertanya pada orang yang bisa, dengan cara sering mengulanginya. “Wow ini truly paling cepat cara untuk saya untuk master english, I punya pernah mendengar seseorang menceritakan saya ini jenis belajar sistem” hehe.. Yang benar = Wow ini benar-benar cara yang paling cepat untuk saya menguasai bahasa inggris. Saya belum pernah dengar seseorang mengatakan cara belajar seperti ini.

Mari kita langjutkan. What is this in english? Lets continue. Benar, that is correct.

Jadi cara cepatnya adalah dengan memulai dari kata pertama yang kita ucapkan. So fast way is with begin from first word we want to say. Salah biarin. What is salah biarin? Wrong no problem. Besok coba lagi, tomorrow try again. Ternyata cepat ya belajarnya, Ternyata fast study-nya ya. But like crazy people (tetapi seperti orang gila) haha..

Tentu saja anda tetap harus belajar tata bahasa inggris yang benar, rajin bercakap-cakap untuk praktek, atau mulai dengan membaca buku-buku sederhana, mendengarkan siaran berita bahasa inggris dan sebagainya. Inti dari apa yang dikatakan Tarzan adalah kita harus praktek, seberapa buruknya pun bahasa inggris saat ini. Tak punya teman praktek bahasa inggris bukan kendala, karena kita bisa praktek sendirian, mungkin dengan mengucapkannya sendiri, atau menuliskannya atau dengan memikirkannya di dalam otak, belajar dalam otak, tanpa henti.

Wah sekarang saya sudah capek. Apa bahasa inggrisnya? Misalkan saat ini yang kita tau bahasa inggrisnya hanya sekarang dan saya maka katakannya “Wah now i sudah capek”. Kemudian berusahalah untuk menemukan kata sudah dan capek, ketika sudah ketemu ulangilah mengucapkannya dengan lengkap, ulangi beberapa kali sampai anda bisa mengucapkannya secara lengkap dan cepat. Mau lupa besok tak masalah yang penting hari ini anda pandai mengatakan dengan lengkap dan cepat “Wow, I am tired now”.

I want to take a break now. Tomorrow I will try to practice learning english using this new system. I am very sure that I will master english language in just two months.

Thank you my friend Tarzan :)

Best Regards
Mufli

http://bahasainggris.net/belajar-bahasa-inggris-gratis-ala-tarzan.html

Posted in: Uncategorized